Selasa, 29 November 2016

Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Memiliki jantung sehat merupakan salah satu investasi kita untuk jangka panjang. Jantung yang berfungsi untuk memompa darah sangat dibutuhkan agar dapat bekerja dengan maksimal. Salah satu cara menjaga agar jantung dapat bekerja dengan baik yaitu melalui asupan makanan untuk jantung sehat. Mungkin timbul pertanyaan asupan manakah yang tepat bagi jantung?

Makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung, seperti: yoghurt sampai dengan teh hijau. Bahkan buah dan sayur merupakan bentuk makanan alami yang baik untuk jantung, karena kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan dapat mengurangi terkena penyakit kardiovaskular.



Beberapa makanan berikut ini sangat baik untuk jantung, yaitu sebagai berikut:

1. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu hasil dari olahan susu yang berasal dari fermentasi bakteri. Kabarnya yoghurt baik untuk menjaga kesehatan gusi, sedangkan bila orang yang menderita penyakit pada gusi dapat meningkatkan seseorang terkena sakit jantung. Yoghurt ini mengandung probiotik atau 'bakteri yang baik' dapat berfungsi untuk melawan pertumbuhan bakteri di dalam mulut, selain baik untuk pencernaan.

2. Kismis

Kismis yang biasanya dipakai utnuk  bahan membuat kue ini dapat mengurangi peradangan pada gusi yang dapat mengarah pada penyakit jantung.

3. Biji-bijian

Orang yang gemar makan biji-bijian cenderung lebih langsing dan mempunyai risiko terkena penyakit jantung lebih kecil. Biji-bijian banyak mengandung antioksidan, pitosterol, dan fitoestrogen yang bersifat protektif terhadap penyakit jantung koroner. Kabarnya serat yang larut pada biji-bijan ini dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

4. Ikan salmon

Kandungan ikan salmon sudah tidak diragukan lagi. Dengan rajin mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2 sampai 3 porsi saja dapat menurunkan risiko jantung koroern dalam jangka panjang. Ikan salmon ini kaya akan omega-3 sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga ritme detak jantung tetap normal. Selain ikan salmon, ikan lainnya yang juga bagus untuk kesehatan jantung adalah ikan tuna, mackerel.

5. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan juga vitamin C, bahkan kaya akan serat dan kalium. Salah satu zat yang diunggulkan pada tomat adalah kandungan lycopene. Senyawa lycopene ini ternyata terbukti dapat membantu kesehatan jantung dan sekaligus mencegah penyakit kardiovaskular.

6. Apel

Tidak salah memang anjuran untuk makan buah apel sehari satu buah, ternyata buah apel kaya akan zat flavonoid yang berperan untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), mencegah peradangan serta dapat mencegah penyumbatan pada arteri. Apel juga kaya akan kandungan zat pektin, yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar