Sabtu, 26 November 2016

Memahami Gejala Penyakit Jantung Koroner dan juga Serangan Jantung

Penyakit jantung biasanya merupakan penyakit yang timbulnya mendadak tanpa adanya pemberitahuan, hal ini ditemukan pada sebagian besar penyakit jantung bahkan kematian yang mendadak. Biasanya didahului dengan rasa sakit yang ada di dada bila ditekan-tekan. Menjalar di lengan kiri beserat leher. Untuk orang Indonesia ini penyakit jantung mirip dengan masuk angin, sakit di ulu hati, perut terasa kembung, dan disertai denyut nadi yang terasa lemah.

Sedangkan orang Indonesia banyak menderita kebuntuan pembuluh darah koroner di arteri LAD (Left Anterior Descending). Pembuluh arteri ini menuju ke depan dan juga bawah jantung, jadi memang rasanya seperti masuk angin. 



Orang banyak mengatakan bahwa masa emas serangan jantung ini adalah 2 jam pertama setelah serangan yang pertama. Ulu hati terasa berat dan diiringi munculnya keringat dingin, denyit nadi yang terkadang cepat dan lambat (tidak beraturan). Nah, jika hal ini muncul, segeralah untuk berkonsultasi kepada dokter.

Ketika orang merasa jantung-nya terasa nyeri sebaiknya segera diperiksa, karena 30 persen dari mereka itu tidaklah gangguan seperti masuk angin, tetapi terkena serangan jantung.

Penyakit jantung koroner

Sedangkan penyakit jantung koroner adalah penyakit akibat rusaknya dinding pembuluh yang ada di jantung. Hal ini biasanya dikarenakan beberapa faktor, seperti kebiasaan merok*k, kolesterol yang tinggi, penyakit darah tinggi/hipertensi, kadar kolesterol dalam darah yang cukup tinggi, dan adanya radikal bebas.

Sedangkan radikal bebas ini merupakan ion molekul tanpa pasangan yang mengikat molekul-molekul yang lain, sehingga mengakibatkan molekul tersebut menjadi rusak. Apa akibat dari molekul yang rusak ini, akibatnya adalah sel di pembuluh darah cepat mati dan penyempitan pembuluh darah

Penyebab jantung koroner yang lain adalah kegemukan atau obesitas. Penyakit jantung koroner kabarnya bisa disebabkan karena keturunan dari keluarga atau disebut faktor genetik, jika ada keluarga yang juga mempunyak riwayat penyakit jantung koroner. Tetapi pada intinya penyakit jantung koroner ini dikarenakan kelainan metabolisme.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar